13 Juni 2011

Bahan Ajar 2 Matriks

Bahan ajar peserta didik tentang Matriks dari 4 bagian proses pembelajaran yang meliputi 4 kompetensi dasar yaitu:

1. Kegiatan belajar I meliputi : Menelaah macam-macam matriks yang terdiri dari 3 indikator yakni menjelaskan pengertian dan notasi matriks, menjelaskan baris, kolom, dan elemen matriks, dan menjelaskan bentuk- bentuk matriks. Dialokasikan 6 Jam Pelajaran.

2. Kegiatan belajar 2 meliputi : Mengoperasikan operasi matriks yang terdiri dari Menjumlahkan matriks, mengurangkan matriks, dan mengalikan matrik. Alokasikan waktu 12 jam

3. Kegiatan belajar 3 meliputi : Menganalisis determinan yang terdiri dari menghitung matrik ordo (2 X 2 ), menghitung matriks ordo (3 X 3) dan menghitung matriks invers (2 X 2). Dialokasikan 12 Jam.

4. Kegiatan belajar 3 meliputi : Menentukan adjoin matriks Ordo 2 x 2, menentukan adjoin matriks 3 x 3, menentukan invers matriks 2 x 2, dan menenukan invers matriks 3 x 3. Alokasi 6 Jam Pelajaran

5. Evaluasi untuk kompetensi memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matriks dialokasikan 2 jam pelajaran. Setelah mempelajari bahan ajar ini, kompetensi yang diharapkan adalah peserta didik dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matriks. Pendekatan yang digunakan dalam menyelesaikan bahan ajar ini menggunakan pendekatan peserta didik aktif dengan metode pemberian tugas- tugas diskusi pemecahan masalah. Guru merancang pembelajaran dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya pada peserta didik untuk berperan aktif dalam membangun konsep secara mandiri atau bersama–sama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar